Dalam berorganisasi pastilah kita menemukan sebuah konflik. Konflik itu suatu hal yang menghambat organisasi kita untuk mencapai suatu tujuan. Konflik pada organsiasi datang dari banyak hal. Ada internal dan eksternal.
Konflik Internal, konflik yang berarti datangnya dari dalam. Contoh :
Dalam organisasi pastilah terbentuk oleh 2 atau lebih orang. Dan setiap orang pastinya akan memiliki pikiran yang berbeda-beda. Nah biasanya perbedaan ini lah yang menimbulkan sebuah konflik, jalan keluar bila terjadi hal ini ialah sebaiknya salah satu dari orang ini harus ada yang mengalah. Atau konflik ini bisa terselesaikan dengan cara voting dan juga keputusan ketua organisasi.
Hmmm ngomongin masalah diatas sebetulnya bila kita menggunakan keputusan ketua organisasi, ini juga bisa menimbulkan konflik lebih bila ketua itu tak tegas dalam mengambil keputusan atau ketua ini pilih kasih karena salah satu pemikir teman baiknya atau saudaranya.
Konflik Ekxternal, konflik yang datangnya atau ditimbulkan dari luar organisasi. Contoh :
dari para pesaing sebuah organisasi. misal jika ada dua oraganisasi yang menjual produk lainya. perusahaan A menjual barang lebih murah dari perusahaan B maka dalam kubu perusahaan B itu akan menimbulkan sebuah konflik. Karena mau tidak mau perusahaan B harus menurunkan harganya juga bila kedua perusahaan itu memiliki tingkat kepopuleran yang sama. Nah dalam menurunkan harga produknya lah perusahaan B pasti punya banyak konflik mulai dari mendapatkan untung yang sedikit bila diturunkan harganya dan juga hal-hal lainya.
Kamis, 28 November 2013
Resume Kelompok 2 : "Konflik dalam Organisasi"
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar