Blogger templates

Suatu Blog milik Hamba Allah yang hidup di Bumi-Nya

Kamis, 10 Oktober 2013

Cara Menggunakan Software Cobol + SS (screen shoot)


Smester tiga bahasa yang saya pelajari di Universitas gunadarma ialah Cobol.  Pertama kali diberi tugas membuat codingan nya pun saya sangat kesulitan bagaiman car me run nya?? dimana saya membuat codingan nya?? ternyata tak cuma saya. Hampir semua teman sekelas saya bingung cara menggunakan COBOL. 

Oke karena sekarang saya sudah mengerti cara menggunakanya dan mengcompile serta merunning nya maka saya akan mensharing sedikit ilmu.  Buat yang belum punya cobol kalian bisa langsung download ini klik .  Nah kalau sudah punya software nya saya sarankan di save di dalam folder c seperti gambar berikut ini





oke kalo sudah di save baik itu ditempat yang saya sarankan atau sesuai keinginan anda mari kita mulai.

1. Kita buat dulu file kosong di notepad atau sejenisnya.
2. Lalu klik save as  dengan nama contoh test.cob  pilih disave di tempat folder yang kamu download tadi, dan jangan lupa ganti formatnya dengan all file lalu klik save berikut ss nya. 



3.  setelah itu buka cmd melalui win +R(win logo berbentuk windows di keyboard). Ketikan cmd lalu klik ok
4. Setelah berada di cmd lihat direktori nya jika sudah c: maka tinggal ketik edit nama file contoh edit test.cob . Jika direktori masih di D: kamu tulis Cd c:\idecobol lalu enter.  


5. Setelah kebuka file blue screen tulis codingnya disini. (cari sendiri yah codinganya). hehehehe



6. Nah setelah itu klik save pada file lalu exit.
7. Nah bakal balik lagi ke layar cmd nah  untuk mengcompile nya tulis ajah cobol nama file contoh :
cobol test.cob  . Lalu klik enter 2 kali.


8. Nah jika di baris akhir mengatakan no errors maka itu tinggal di running saja.  Tetapi jika masih ada error maka perbaikilah sesuai yang dijelaskan kesalahan" nya. 

9. Cara merunning nya tinggal ketikan saja runcob nama file  contoh runcob test.cob lalu enter.

10. selesai.

akhirnya tahu juga gunain cobol. Oh iya sebagai pengingat, cobol itu sangat detail lho untuk penulisan codinganya jadi harus lebih teliti.
Semoga postingan nya membantu.


   


1 komentar: